Tingkatkan Akses Layanan Pendidikan Di Tahun Ajaran Baru 2017/2018 Dinas Pendidikan Bengkulu Utara Terapkan Sistem Zonasi

Media Center, Bengkulu Utara  – Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara Menerapkan Sistem Zonasi Dalam Menerima Siswa Siswi Baru Tahun Ajaran 2017/2018 Sesuai Amanah Permendikbud.

Margono,S.Pd Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara menegaskan bahwa ada sedikit Perbedaan sistem penerimaan siswa baru untuk murid SD, SMP, SMA di wilayah Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2017/2018 dibandingkan tahun lalu.Yaitu melalui sistem Zonasi Sesuai yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017.Bukan sistem Rayon yang Berdasarkan pada jarak sekolah dengan sekolah yang dituju.

“Zonasi adalah penerimaan siswa baru yang sifatnya memfasilitasi untuk menerima calon siswa sesuai jarak domisili terdekat di seputar Radius terdekat dari sekolah tersebut.Tujuan Permendikbud ini untuk meningkatkan prestasi di sekolah dan mencegah terjadinya penggolongan sekolah favorit dan tidak favorit serta mencegah terjadinaya diskriminasi, dan dapat mendorong peningkatan akses layanan pendidikan,”Tegasnya saat dikonfimasi MCBU, Rabu (12/7).

Lanjut, Margono menjelaskan bahwa Masa Orientasi Siswa (MOS) dinyatakan dicabut, diganti dengan diadakannya PLS(Pengenalan Lingkungan Sekolah),sesuai Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

“Agar tidak terjadi kesulitan dalam pelaksanaan PLS di sekolah, maka Dinas Pendidikan telah memberikan Rambu-Rambu (Acuan) berupa silabus PLS dan para Pengawas Pembina Dari Dinas Pendidikan Bengkulu Utara turun langsung ke sekolah-sekolah,”jelasnya.

Tujuan diadakannya PLS yaitu mengenali potensi siswa baru,membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah baik aspek keamanan maupun sarana prasaranan,menumbuhkan motivasi,mengembangkan interaksi positif, dan menimbulkan perilaku positif.(MC Bengkulu Utara/GS)

Be Sociable, Share!