Beranda Berita 1.808 Linmas Siap Amankan Pemilu di Kabupaten Bengkulu Utara

1.808 Linmas Siap Amankan Pemilu di Kabupaten Bengkulu Utara

23
0

Arga Makmur, Media Center – Sebanyak 1808 Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) dilantik langsung oleh Bupati Bengkulu Utara di Halaman Pemda Bengkulu Utara, Selasa (12/2).

Pelantikan tersebut dilaksanakan untuk memenuhi Amanat dari Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat dan Permendagri No 80 tahun 2015 tentang pedoman produk hukum pemerintah daerah.

“Dengan dilantiknya Satlinmas pada hari ini, maka keberadaan Satlinmas di Kabupaten Bengkulu Utara secara hukum bersifat Definitif dan legal dalam menjalankan tugasnya para satlinmas. Tidak diberikan Honor atau Uang Insentif bulanan tetapi diberikan biaya operasional sebagai pengganti dari honor atau uang insentif tersebut yang bersumber dari Dana Desa atau ADD yang terdapat pada pemerintahan desa masing-masing, untuk itu agar kepala desa membuat program kegiatan sosial misalnya piket jaga malam yang dilaksanakan oleh masyarakat dan dikoordinir oleh satlinmas dari masing-masing Desa atau kegiatan lainnya sesuai dengan tugas pokoknya.” Jelas Ir.H.Mian Bupati Bengkulu Utara saat menyampaikan kata sambutannya.

Ir.H.Mian menambahkan bahwa dalam rangka penyelenggaraan Perlindungan masyarakat dan membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu maka dilaksanakan Simulasi Pengamanan di 19 Kecamatan di Bengkulu Utara oleh Satpol PP dan Pemadam Kebakaran.

“Guna memberikan pembekalan teknis kepada para satlinmas yang akan melaksanakan tugasnya di TPS-TPS pada 17 April 2019 yang akan datang, sekaligus memberikan ilmu pengetahuan bagi para satlinmas supaya memahami tugas pokok dan fungsinya Satlinmas yang akan melaksanakan tugas perlindungan masyarakat di desanya masing-masing,” Jelasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Arie Septia Adinata, SE Wakil Bupati Bengkulu Utara, Dr. Haryadi, S.Pd, MM, M.Si Sekdakab BU, Letkol Arh. Ari Tri Nursanto, S.Sos, M.Si dandim 0423 Bengkulu Utara, Erwin SIK waka Polres Bu, Reges Ketua KPU, Titin Sumarni ,SH Ketua Bawaslu, Para Kepala OPD, Ny. Eko Kurnia Ningsih Mian ketua PKK BU, Darmawanita, Made Astawa Kepala Satpol PP BU, serta seluruh Satlinmas yang dilantik di Kabupaten Bengkulu Utara.(MC Bengkulu Utara/GS/IA/DC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here