Beranda Berita 4 Tahun Menjabat, Bupati Mian Konsisten Optimalkan Operasional Pelayanan Kesehatan

4 Tahun Menjabat, Bupati Mian Konsisten Optimalkan Operasional Pelayanan Kesehatan

25
0

Bengkulu Utara – Capaian atas kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara, patut mendapatkan apresiasi. Di samping terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembangunan di bidang Infrastruktur dasar, Pendidikan, Keagamaan dan penurunan tingkat kemiskinan. Bupati Ir. H. Mian juga turut meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan melalui pemuktahiran kendaraan operasional  di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) berupa kendaraan Pusling dan Ambulance.

Dimana, sumber daya bidang kesehatan tidak hanya cukup dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan dan peralatan kesehatan yang cukup dan bermutu saja. Akan tetapi, perlu juga fasilitas atau sarana penunjang operasional pelayanan kesehatan bergerak seperti kendaraan, baik berupa kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian Saat Melakukan Pengecekan Kelengkapan Kendaraan Operasional Kesehatan Ambulance.

Dalam empat tahun kepemimpinan Bupati Ir. H. Mian bersama Arie Septia Adinata M.Ap, sedikitnya 7  unit pusling/ambulance single Gardan dan 4  unit double Gardan telah di limpahkan ke Puskesmas yang ada Di Kabupaten Bengkulu Utara demi terwujudnya pelayanan bagi masyarakat di tingkat perdesaan melalui Stakeholder Dinas Kesehatan.

Diawal kepemimpinan Ir. H. Mian menjabat di 2016. Pemkab Bengkulu Utara menganggarkan pembelian lima unit kendaraan Pusling dengan anggaran mencapai 1,9 Milyar lebih, melalui dana DAK.

Di tahun 2017, Pemkab Bengkulu Utara kembali menganggarkan pembelian dua unit ambulance dan satu unit Pusling Double Gardan yang diperuntukan bagi pelayanan Puskesmas di Pulau Enggano dengan pagu mencapai 1,2 Milyar rupiah melalui anggaran DAK.

Keseriusan Pemkab Bengkulu Utara untuk terus meningkatkan operasional penunjang pelayanan kesehatan bagi Masyarakat Enggano pun terus diwujudkan, dengan kembali melakukan pembelian satu unit Ambulance Double Gardan yang menghabiskan anggaran 500 juta melalui anggaran DAK di tahun anggaran 2018.

Tak hanya Enggano, Pemkab Bengkulu Utara secara konsisten untuk mewujudkan pemerataan bagi peningkatan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, dengan kembali melakukan pembelian dua unit Ambulance single gardan bagi Puskesmas Lubuk Durian dan Lais pada tahun 2019 melalui anggaran APBD.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Syamsul Ma’arif melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Ida Kurnia Sari S.FarmApt, untuk tahun 2020, Pemkab Bengkulu Utara melalui Dinas Kesehatan, akan kembali melakukan pembelian empat unit Ambulance dengan pagu  1.7 Milyar untuk operasional bagi pelayanan kesehatan masyarakat di perdesaan.

“Bupati terus menekankan agar Dinas Kesehatan meningkatkan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat secara merata. Oleh karna itu, tahun 2020 ini, Dinkes kembali melangsungkan pembelian empat unit Pusling, demi optimalisasi dan penunjang Kinerja paramedis dalam melayani kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan dan perdesaan.” Tegasnya, saat di konfirmasi, kamis (20/2/2020) pagi hari tadi. (Adv).

Sumber :Liputan Bengkulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here