Beranda Berita 50 Hektar Pajale Bengkulu Utara Siap Panen Awal Bulan Maret

50 Hektar Pajale Bengkulu Utara Siap Panen Awal Bulan Maret

12
0

Arga Makmur, Media Center –  Program menanam jagung Pemerintah bersama Kelompok Tani Kelurahan kemumu kecamatan Arma Jaya Bengkulu Utara akan panen pada awal maret 2018.

Pemerintah Bengkulu Utara Dinas Pertanian dan Hortikultura  bekerja sama dengan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) kelurahan kemumu melaksanakan Tanam Jagung Perdana Serentak tahun 2017, di kelurahan kemumu kamis pada 2 Oktober 2017 dan akan segera panen diawal bulan Maret 2018.

Dalam paparannya, Selasa (16/1), Ketua Gapoktan Tirta Kencana Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya Ngaderi, menjelaskan para petani pajale (padi, jagung, kedelai) melalui ketua kelompok tani setempat. Saat ini usia tanaman jagung yang di tanami pada bulan November 2017 memasuki usia 3 bulan, diperkirakan  akan panen di awal bulan Maret 2018.

“Karena saat ini tanaman jagung sudah tumbuh subur dan berbuah.Program menanam jagung serentak  ini merupakan program pemerintah Bengkulu Utara bekerja sama dengan gabungan kelompok tani desa kemumu.Guna untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mencegah lahan menganggur pada saat irigasi kering karena ada perbaikan dan renovasi,”jelasnya.

Ngaderi menjelaskan bahwa ada sekitar 50 hektar tanaman jagung yang akan panen di bulan maret, selain itu ada jenis tanaman lain seperti ubi rambat, cabe dan lain-lain.

“Sebenarnya ada total lahan 330 hektar, 50 hektar ditanami jagung sisanya ditanami cabe, kacang panjang, kacang buncis,ubi rambat. Diperkirakan tanaman jagung ini akan panen di bulan maret. Dan ada beebrapa kendala dalam proses penanaman jagung serentak ini diantaranya ada beberapa luas lahan yang masih basah sehingga tidak dapat di tanami jagung, ada hama tikus dan belalang. Harapan kita meskipun ada bebrapa kendala, panen jagung serentak akan memperoleh hasil yang maksimal,”jelasnya.(MC Bengkulu Utara/GS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here