Beranda Berita Bengkulu Utara Sukseskan Gerakan Tanam Jagung Serentak

Bengkulu Utara Sukseskan Gerakan Tanam Jagung Serentak

18
0

Arga Makmur, Media Center – Pemerintah Bengkulu Utara Dinas Pertanian dan Holti kultura  bekerja sama dengan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Desa kemumu Melaksanakan Tanam Jagung Perdana Serentak tahun 2017, kamis (2/11) di Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya.

Bupati Bengkulu Utara Ir,mian hadir di acara tersebut  mengapresiasi kepada segenap opd terkait dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Dan Holtikultura yang telah berkolaborasi dengan Gapoktan  untuk menyelanggarakan acara tanam jagung Perdana  serentak.Dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan .

“Apresiasi kepada OPD terkait dan Gapoktan, yang telah berkolaborasi dalam rangka menanam jagung serentak perdana,ini adalah upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan ketahanan pangan, selama ini Bengkulu Utara merupakan lumbung pangan se – Provinsi Bengkulu. Sehingga jangan ada lahan yang terlantar atau tidak terurus meskipun irigasi dalam keadaan kering karena perbaikan, untuk itu lahan seluas 500  Hektar ini di tanami jagung secara  Serentak Perdana dengan sistem tumpang sari,”jelasnya

Ir mian menambahkan dalam paparannya bahwa pada tahun 2018 pemerintah pusat akan  memberikan bantuan melalui kementrian Pertanian fasilitas penunjang pertanian modern yaitu berupa bantuan 200 Hand Tractor untuk gapoktan dan secara bertahap akan membangun irigasi serta jalan usaha tani.

“Tahun 2018 pemerintah pusat akan memberikan bantuan HandTractor kepada gapoktan melalui dinas terkait dan akan membangun irigasi, jalan usaha tani secara bertahap.Untuk itu dilarang bagi petani melakukan alih Fungsi lahan persawahan menjadi kebun sawit atau karet.kemumu akan menjadi pusat Agropolitan dan wisata Bengkulu Utara untuk itu membutuhkan dukungan semua pihak dan usaha bersama dari petani maupun pemerintah,”jelasnya.

Dalam acara Tanam jagung serentak perdana tersebut pemerintah  memberikan  Bantuan bibit durian, bibit jeruk ,alat tani modern, alat tanam jagung modern, dan Katam Terpadu Modern (Kalender Tanam) kepada petani .

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bengkulu Utara Ir.mian , kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Bengkulu Utara Darlis,SP,Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Bengkulu Utara NY Eko kurniasih Mian, Ketua Pengadilan Negri Arga Makmur Alex Adam Faisal,SH,perwakilan polres BU,perwakilan Dandim BU,kelompok tani desa kemumu,dan seluruh OPD terkait.(MC Bengkulu Utara/GS/ARF/DC)