Beranda Berita Bupati Bengkulu Utara Mian Meninjau Langsung Jebolnya Irigasi Desa Perbo

Bupati Bengkulu Utara Mian Meninjau Langsung Jebolnya Irigasi Desa Perbo

17
0

Media Center Kominfo – Guna penanggulangan lantaran jebolnya aluran irigasi Provinsi Bengkulu di Desa Perbo Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara, pada Jumat (29/6) lalu,

Bupati Bengkulu Utara Ir Mian bersama Kadis BPBD saat meninjau lokasi langsung mengintruksi agar segera mengambil langkah, agar para petani tidak mengalami gagal panen.

“Sekalipun saluran irigasi tersebut merupakan kewenangan provinsi, Bupati menginstruksikan seluruh dinas terkait menentukan langkah penanggulangan,” kata Kepala BPBD, Made Astawa.

Selain itu Bupati Mian, menghimbau kepada masarakat terutama petani kebun jangan membuang sampah hasil perkebunan ke saluran irigasi dan juga jangan dibuang ke sungai.

“Untuk diingat bersama-sama dapat menjaga bangunan agar terpelihara dan terhindar dari kerusakan fatal,”ujar Bupati.

Selain itu, karena pengaruh musim hujan yang rutin mengguyur wilayah tersebut sehingga meningkatkan debit air dan membuat bangunan irigasi tersebut menjadi jebol.

Terlebih kondisi tanggul yang rapuh, karena kemarau panjang. Saat kemarau, badan tanggul kering kerontang hingga terdapat retakan di bagain dalam.

“Begitu debit air meningkat karena turun hujan di bagian hulu, badan tanggul penuh dengan air, ditambah aluran  air tik kuning di lokasi yang jebol sangat kuat, padahal tanggulnya rapuh,” jelas kades setempat.(MC Bengkulu Utara/DC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here