Beranda Berita Camat Se-Kabupaten Bengkulu Utara Sambang Warga Lakukan Pendataan Meminimalisir Penyaluran Bansos Salah...

Camat Se-Kabupaten Bengkulu Utara Sambang Warga Lakukan Pendataan Meminimalisir Penyaluran Bansos Salah Sasaran

11
0

Bengkulu Utara ,InfoPublik – Di bawah kepemimpinan Bupati Bengkulu Utara, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melakukan Langkah-langkah Kongkrit dalam mengentaskan kemiskinan, dengan koordinasai antar OPD dan Kecamatan di Bengkulu Utara, di aula Bappeda Bengkulu Utara,Senin (28/8).

Acara dihadiri asisten II sekdakab Bengkulu Utara  Ir.Untung Pramono, kepala Bappeda Bengkulu Utara Sahat M Situmorang, AP. MM, Kepala Dinas Sosial Bengkulu Utara Juhirjo dan camat se – Kabupaten Bengkulu Utara.

Sahat M Situmorang, AP. MM menerangkan bahwa Dasar hukum Bupati Bengkulu Utara memerintahkan seluruh camat dan jajarannya untuk sambang warga, yaitu Undang-Undang No 13 Tahun 2011 Tentang program penanganan Fakir Miskin.

“Dalam mensukseskan program ini untuk mengentaskan kemiskinan maka perlu data yang Valid (Pemuktahiran Basis Data Terpadu) dan tujuan program camat sambang warga adalah untuk memberikan motivasi, advokasi, pendampingan kepada masyarakat Fakir Miskin,”terangnya.

Dikatakan, Ir.Untung Pramono dalam rangka program penanganan fakir miskin dari pemerintah pusat menegaskan bahwa Basis Data Terpadu (BDT) yang menjadi data untuk memberikan berbagai macam bantuanan dari pusat.Seperti program Rastra, PKH, KIS, BLT, KIP, BLSM , namun ada kendala yang terjadi terhadap data tersebut yaitu inklusif error dan eklusif Error. Inklusif Error artinya terdapat rumah tangga yang tidak seharusnya dapat bantuan tetapi masuk ke BDT, sedangkan eklusif Error artinya Rumah Tangga yang seharusnya dapat bantuan justru tidak mendapatkannya.

“Hal ini terjadi karaena beberapa hal disebabkan meninggal dunia, pindah tempat, ataupun statusnya telah berubah dari miskin menjadi meningkat kesejahteraannya,Untuk itu perlu dilaksanakna pemuktahiran data agar bantuan tepat sasaran,”terangnya (MC Bengkulu Utara GS/ARF/DC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here