Beranda Berita Utama Cegah Hama Wareng, Bupati Mian Intruksikan Jalan Industri Sawah Kemumu Ditanami Tanaman...

Cegah Hama Wareng, Bupati Mian Intruksikan Jalan Industri Sawah Kemumu Ditanami Tanaman Ganyong

31
0

Media Center – Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian secara langsung membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2020 yang dilanjutkan di Kecamatan Arma Jaya,  Senin (3/02/2020).

Kegiatan Musrenbang ini, turut dihadiri DPRD, Camat Arma Jaya, Kapolsek, Danramil, Bappeda dan Kepala SKPD terkait.  Melalui  Musrenbangcam masyarakat Arma Jaya siap mendukung rencana pembangunan di Tahun 2021 tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Arma Jaya.

Bupati Mian optimis, Musrenbang yang menjadi elemen penting dalam proses berjalannya pembangunan didaerah, mampu menyerap aspirasi masyarakat secara menyeluruh. Karena tahapannya dilaksanakan secara berjenjang mulai dari ditingkat bawah.

“Semua aspirasi dan masukan yang didapat, kita secara bersama-sama mengintegrasikan hal itu dapat membuat kemampuan yang terbatas namun hasil pekerjaan semakin maksimal,” ujar Mian

Untuk itu, Bupati Mian mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama para pemangku kepentingan di Bengkulu Utara yang terus berperan aktif dan peka akan kebutuhan masyarakat.

“Skala prioritas dan pemerataan menjadi yang utama, kita tetap berkaca kepada keduanya disamping juga dengan melihat kemampuan dan kekuatan anggaran,” lanjut Mian.

Bupati Mian menambahkan, salah satu upaya mencapai kesejahteraan masyarakat adalah dengan terus mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Apalagi Bengkulu Utara memiliki beragam potensi yang harus terus digali dan difokuskan dimasing-masing Kecamatan.

Bupati Mian juga menyebutkan, keterbatasan anggaran dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bukan halangan untuk membangun daerah, tentunya memilah mana yang lebih diutamakan.

“Diharapkan agar semua pimpinan tidak boleh pesimis meski tentang anggaran kita masih bisa di katakan kurang, tetapi bagaimana dengan pun, kita harus optimis dengan adanya rencana yang terencana dan strategis dalam setiap rencana pembangunan di setiap desa, kecamatan dan daerah, ini merupakan tugas kita bersama agar dapat saling bersinergi dalam pembangunan,”tutur Bupati Mian.

Bupati juga mencanangkan progres kedepan jalan-jalan industri areal persawahan Kemumu Arma Jaya agar dapat di tanami Tanaman ganyong (Canna discolor) disebut juga achira, adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang merupakan tanaman berkelas perennial yang dapat tumbuh hingga 3 meter.

“Tanaman ganyong itu sendiri bertujuan untuk menolak hama wereng yang menggangu tanaman padi milik masyarakat dan pula bertujuan untuk menambah keindahan pariwisata sepanjang  jalan industri areal persawahn kemumu,  rencana ini agar dapat kordinasikan dan ditindaklanjuti oleh camat dan kepala desa setempat,”tuturnya.(MC Bengkulu Utara/RH/DC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here