Beranda Berita Utama Cegah Tangkal Dini Kanker Serviks, PKK Kabupaten Bengkulu Utara Melaksanakan Pemeriksaan Tes...

Cegah Tangkal Dini Kanker Serviks, PKK Kabupaten Bengkulu Utara Melaksanakan Pemeriksaan Tes IVA

19
0

Media Center, Arga Makmur – PKK Kabupaten Bengkulu Utara bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) melakasanakan Penyuluhan dan pemeriksaan tes IVA untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan, acara dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Persatuan, Arga Makmur, Senin (18/2).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Ny.H. Eko Kurnia Ningsih Mian Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Ny.Junita Haryadi , Nova Fatarani, SKM, MM Ketua Pokja IV TP PKK Bengkulu Utara, perserta ibu-ibu PKK perwakilan dari setiap kecamatan,  ibu-ibu ketua organisasi wanita di Kabupaten Bengkulu Utara.

Ny.H. Eko Kurnia Ningsih Mian menegaskan bahwa melalui program kerja Tim penggerak PKK Pokja VI melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaaan tes IVA untuk mewujudkan kesehatan reproduksi perempuan.

“Kesehatan reproduksi perempuan sangatlah  besar risikonya, Program PKK melaksanakan pemeriksaan IVA tes salah satu upaya mencegah kanker leher Rahim (serviks). Ini adalah implementasi dan intruksi Presiden No 1 Tahun 2017 tentang Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Satu dari Tujuh pesan germas yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala,”tuturnya.

Lebih lanjut Ketua TP PKK menyampaikan, bahwa Serviks adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher Rahim yang disebabkan oleh virus papiloma pada manusia. Penyakit ini merupakan ancaman yang menakutkan bagi wanita, Pasien Kanker serviks di seluruh duni diperkirakan 500.000 kasus baru, 270.000 diantaranya meninggal setiap tahun.

“Kanker serviks dapat dicegah salah satu dengan metode infeksi visual dengan asam asetat (IVA). Oleh karena dalam meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan TIM Penggerak PKK Bengkulu Utara melakukan pemeriksaan kanker serviks dengan metode IVA untuk mencegah lebih dini, dengan menekan angka kesakitan dan kematian yang disebabkan kanker serviks,” Jelasnya.

Sementara itu, Nova Fatarani, SKM,MM menjelaskan bahwa Pemeriksaan IVA ini perlu dilakukan secara berkala 6 bulan sekali untuk mendeteksi Kanker Serviks yang pemeriksaannya sangat mudah dan murah, selain itu perlunya menjaga kebersihan diri.

“Pemeriksaan IVA ini perlu dilakukan secara berkala 6 bulan sekali untuk mendeteksi Kanker Serviks. Ada Virus di reproduksi perempuan yaitu viruspapiloma yang cukup berbahaya dapat berkembang tanpa sinar matahari yang menyebabkan terjadinya kanker serviks.” Jelasnya.(MC Bengkulu Utara/GS/IA/DC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here