Beranda Berita Dinas Pariwisata Bengkulu Utara Rancang Festival Budaya Berskala Nasional

Dinas Pariwisata Bengkulu Utara Rancang Festival Budaya Berskala Nasional

20
0

Arga Makmur, Media Center – Dinas Pariwisata Bengkulu Utara menyusun agenda untuk Festifal Budaya Daerah agar menjadi agenda setiap tahun dan berorientasi Nasional,di ruang pola Bappeda Bengkulu Utara.Rabu(18/10).

Hadir dalam acara tersebut Dr.Haryadi,S.Pd,MM,M.SI sekdakab BU,Drs.Kiman Nazardi,MM Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika BU, H.Mustarani,SH,MSi Kepala Dinas Pariwisata BU,At-Taqwa ketua Porbi BU,perwakilan sanggar ARFI,Perwakilan Adventure,Perwakilan Penyelam dan semua Stake holder terkait serta 5 putri pariwisata BU 2017.

Dr.Haryadi,SPD,MM,M.Si menjelaskan bahwa untuk OPD terkait perlu komunikasi dan koordinasi secara berkesinambungan ke pemerintah pusat agar usulan program karnaval budaya, program kepariwisataan dapat membuahkan hasil teragenda secara nasional untuk memajukan Bengkulu Utara.

“Perlu komunikasi dan koordinasi secara kontinu ke kementrian pariwisata agar memperoleh hasil yang maksimal,sehingga program pemerintah daerah yang berskala Nasional dapat diagendakan secara Nasional .Seperti karnaval budaya di bumi ratu samban, pagelaran budaya ,arum jeram,adventure dan lain-lain.Untuk OPD terkait segera akomodir semua komunitas seperti komunitas adat, komunitas seni, komunitas adventure, komunitas arum jeram “.jelasnya

H.Mustarani,SH,M.Si menegaskan bahwa koordinasi ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Bupati Bengkulu Utara dengan Asisten Deputi Kementrian Pariwisata. Bahwa pemerintah daerah segera menyusun agenda setiap tahun kepariwisataan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Bengkulu Utara agar perekonomian di Bengkulu Utara dapat berkembang sehingga memberikan dampak positif untuk kesejahteraan masyarakat Bengkulu Utara.

“Menindak lanjuti hasil pertemuan Bupati Bengkulu Utara dengan Asisten Deputi Kementrian Pariwisata beberapa waktu lalu,bahwa pemerintah daerah harus segera menyusun, merencanakan agenda tahunan pariwisata Daerah yang berorientasi secara nasional,karena semua biaya kegiatan tersebut akan memperoleh kucuran dana dari Kementrian pariwisata,”tegasnya.

Ditambahkannya, ada enam jenis kegiatan kepariwisataan yang telah di rencanakan untuk di realisasikan pada tahun 2018, enam even kegiatan tersebut adalah Pesona Ratu Samban, Pesona Budaya Bumi Ratu Samban, Adventure (Jelajah Alam Bengkulu Utara), Enggano Fiesta, Festifal Pesisir, Festifal Bukit Barisan. Di dalam enam program tersebut meliputi berbagai macam kegiatan yaitu karnaval budaya, festifal budaya, pagelaran budaya, adventure trail, adventure mobil, berburu babi, lomba memancing, traveling, menyelam, layang-layang, festifal kuliner, lomba perahu, cipta menu, lomba membakar ikan terpanjang, Hunting Fotografi.

Drs.Kiman Nazardi,MM dalam paparannya menjelaskan bahwa Asisten Deputi Kementrian Pariwisata berpesan kepada pemerintah daerah agar segera merencanakan program -program pariwisata yang bersekala Nasional dan kementrian pariwisata Siap mendanai.Dinas Komunikasi dan informatika siap berpartisipasi dan mempublikasikan semua Even tersebut ke tingkat Nasional .

“Bahwa asisten Deputi Kementrian Pariwisata berpesan agar pemerintah daerah segera merencanakan program pariwisata daerah yang beskala nasional. Dinas Komunikasi Dan Informatika BU siap mempublikasikan semua even ke tingkat Nasional,untuk itu membutuhkan koordinasi dan data sehingga semua even tersebut dapat dikemas secara menarik untuk di publikasikan ke Tingkat Nasional,”jelasnya(MC Bengkulu Utara/GS/DC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here