Beranda Berita Utama Ini Titik Pawai Ogoh-ogoh di Bengkulu Utara

Ini Titik Pawai Ogoh-ogoh di Bengkulu Utara

24
0

Arga Makmur, Media Center – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara bersama Tokoh Agama menggelar rapat koordinasi persiapan Festival Ogoh- Ogoh, rapat persiapan dilaksankan di ruang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab BU, Selasa (26/2).

Dalam acara Tersebut Hadir Drs Kiman Nazardi,MM selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi, Drs. Bambang Pramana Budi,M.Pd selaku Kabag Kesra SetdaKab BU, Iptu.Haryanto Kasubbag Bin Ops Polres Bengkulu Utara, Made Astawa Kasat Pol PP BU, Nyoman Deres selaku Ketua Panitia Festival Ogoh-Ogoh  dan dihadiri perwakilan OPD terkait.

Drs. Bambang Pramana Budi, M.Pd menegaskan bahwa Festival Ogoh-ogoh akan diadakan pada hari senin tanggal 4 Maret 2019, dalam menyambut Hari Raya Nyepi Umat Hindu. Dengan rute start di Pura Desa Rama Agung, Anggota pawai akan bergerak melewati Bundaran Kota Arga Makmur, melintasi jalan Jendral Sudirman menuju Tugu Amanah dan berputar kembali hingga berakhir menuju Finish di Alun-Alun Rajo Malim Paduko. Ketika sudah memasuki alun-alun masing-masing Ogoh-ogoh akan menunjukkan atraksinya.

“Ini diawali dari kegiatan hari besar keagamaan agama hindu dari kegiatan itu ada pawai ogoh-ogoh yang dapat dipertontonkan kepada khalayak ramai,”jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Drs Kiman Nazardi, MM dalam paparannya mengatakan bahwa hari senin tanggal 4 maret akan diadakan pawai festival ogoh –ogoh, yang diharapkan kegiatan keagamaan ini dapat berkembang menjadi Ikon daerah.

“Kita harapkan kedepan Ogoh-ogoh ini dapat menjadi ikon daerah untuk dapat  mendorong sektor pariwisata, tahun ini di perkirakan 7 peserta pawai Ogoh-ogoh. Pawai ogoh-ogoh akan dimulai dari Pura Rama Agung dan Finish di Alun-alun Rajo Malim Paduko, Festival ini merupakan ikon yang unik menarik untuk dipertontonkan sehingga dapat mengundang minat para wisatawan untuk menonton dan berkunjung ke Bengkulu Utara,”katanya.

Selaku Ketua Panitia Festival Ogoh-Ogoh Nyoman Deres menambahkan, bahwa dalam menyambut hari raya nyepi Umat Hindu tahun saka 1941 akan diikut 7 ogoh-ogoh.

“Dalam menyambut Hari Raya Nyepi diadakan Festival Ogoh-Ogoh ini ada 5 Banjar Desa Adat yang ikut menjadi peserta dan telah mendaftar 7 group ogoh-ogoh,”katanya.

Menariknya, Festival Ogoh-Ogoh dapat disaksikan tanpa dipungut biaya tambahan. Jadi, pastikan Anda tak ketinggalan momen seru ini. (MC Bengkulu Utara/GS/DC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here