Beranda Berita Panen Raya Padi Sawah Kemumu, Bupati Bengkulu Utara Harap Ada Peningkatan Pada...

Panen Raya Padi Sawah Kemumu, Bupati Bengkulu Utara Harap Ada Peningkatan Pada Intensifikasi Maupun Ekstensifikasi 

25
0

Arga Makmur, Media Center – Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Utara bersama Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Kecamtan Arma Jaya menggelar acara Panen Raya Padi, di Sawah Kemumu, Arma Jaya, Selasa (19/2).

Kegiatan yang dimulai pagi pukul 09.00 WIB hingga selesai, dihadiri oleh Ir.H.Mian Bupati Bengkulu Utara, Fathkuri,SH Kejaksaan, Wakil  Dandim 0423 BU, Kuasa Barus, S.Pt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan BU, Mustarani Abidin, SH, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata, Perwakilan Polres BU, Lurah, Ngadri selaku Ketua Gapoktan Tirta Kencana dan Para Poktan (kelompok tani) serta Gapoktan di wilayah kecamatan Arma Jaya.

Kuasa Barus selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan BU mengatakan, hari ini pelaksanaan Panen Raya dimaksudkan sebagai rasa syukur karena telah banyak sarana dan prasarana yang telah didapatkan oleh Para petani baik bantuan Pemerintah Kabupaten maupun bantuan dari Pemerintah Pusat. Sebagai pembuktian pula bahwasanya kelompok tani bersungguh-sungguh mendukung program ketahanan pangan, program nasional yaitu dengan fokus tiga komoditas, yakni padi, jagung, dan kedelai (pajale).

“Kelompok tani di Kemumu ini telah mempunyai hand traktor baru yang diberikan oleh kementerian pertanian di tahun 2018 sebanyak 79 unit hand traktor dari Kementerian Pertanian. Sehingga pengolahan tanah yang sempurna jelas membuat pertumbuhan tanaman bagus dan produksinya yang meningkat. Untuk luas sawah 750 Hektar se-Kecamatan Arma Jaya yang kita harapkan tidak ada alih fungsi lahan karena bagaimanapun juga pangan ini sangatlah penting, harga beras sudah bagus dapat meningkatkan pendapatan mereka,” Ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bengkulu Utara Ir.H Mian mengatakan, bahwa hamparan sawah Kelurahan Kemumu merupakan Ikonnya Kabupaten Bengkulu Utara karena merupakan sentra swasembada berasnya Kabupaten Bengkulu Utara, di Tahun 2018 Pemerintah Pusat telah memberikan 79 unit hand traktor. Di tahun 2019 ini akan ada pembangunan dam parit, jalan usaha tani dan lain sebagainya, untuk itu perlu koordinasi dan kolaborasi antar dinas instansi terkait.

Harapan kita, di tahun akan datang akan ada penambahan luas lahan percetakan sawah baru sehingga intensifikasi meningkat dan ekstensifikasi berjalan dan meningkatkan perputaran uang di yang ada di Desa.

“Pemerintah Daerah terus berupaya melengkapi sarana produksi, sehingga terjadi peningkataan hasil produksi ton per hektar lahan (Intensifikasi) dan upaya meningkatkan  perluasan lahan persawahan (Ekstensifikasi),”Ujar Bupati.

Lebih lanjut, beliau sampaikan, di lahan ini merupakan lumbung pangannya Bengkulu Utara, Kelurahan Kemumu, Sidourip, Sido Dadi, Sumber Agung dan sekitarnya. Pemerintah terus berusaha meningkatkan sarana produksinya seperti pupuk, alat pengolah tanah. Sehingga produktifitas ton per hektarnya terus meningkat, selain itu saya tekankan pada dinas terkait untuk bekerja sama berkolaborasi, terkhusus Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk menangkap anggaran dari pusat untuk menambah luas pada percetakan sawah.

“Sehingga ada peningkatan baik intensifikasi maupun ekstensifikasi sehingga terjadi perputaran uang di desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”Jelasnya. (MC Bengkulu Utara/GS/IA/DC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here