Beranda Berita Utama Pemkab Bengkulu Utara Sukseskan Gernas Baku Tanamkan Gerakan Cinta Membaca

Pemkab Bengkulu Utara Sukseskan Gernas Baku Tanamkan Gerakan Cinta Membaca

24
0

Media Center Pemkab Bengkulu Utara – Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku untuk Anak (Gernas Baku) bertujuan untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anaknya supaya mempererat hubungan emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat dan budaya membaca anak sejak dini.

Bupati Bengkulu Utara dalam hal ini diwakili oleh Dr.Agus Haryanto, SE, MM Kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Utara, membuka acara Gernas Baku di TK Model Arga Makmur, Sabtu (27/7/2019).

Dikatakan Kadis Pendidikan, Dengan gerakan ini, diharapkan tumbuh kesadaran pada orang tua untuk meluangkan waktu meski hanya sejenak membaca buku bersama anaknya. Selain itu membacakan buku juga dapat merangsang pertumbuhan motorik dan kognitif anak.

“Gernas baku ini juga akan menumbuhkan minat baca buku pada anak sejak dini. Sebab mereka penasaran ingin membaca dan mengetahui isi buku yang mereka lihat. Jadi ini juga salah satu metode mengajarkan membaca tanpa paksaan. Karena akan akan penasaran dan bertanya kepada orang tua atau gurunya,” ujarnya.

Kegiatan ini juga bertujuan menciptakan anak-anak mampu untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan berkolaborasi serta mampu menguasai kecakapan berbagai literasi.

“Diharapkan peran serta orang tua di semua satuan Paud dan wali murid dalam melaksanakan kegiatan membacakan buku untuk anak-anaknya secara berkesinambungan,”harapnya.(MC Bengkulu Utara/IA/DC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here