Beranda Berita PKK Bengkulu Utara Tingkatkan Produktifitas Perternakan Ayam

PKK Bengkulu Utara Tingkatkan Produktifitas Perternakan Ayam

17
0

Arga Makmur, Media Center – Dilaksanakan Bimbingan Teknis Pemberian Pakan Ternak untuk seluruh Koordinator dan anggota PKK Bengkulu Utara,di Gedung Darmawanita,Kamis (5/10).

PKK Bengkulu Utara Yang diketuai oleh Ny.Eko Kurniasih Mian Benar-benar menunjukkan Kemajuannya, tidak hanya mengenai pangan lestari dan tataboga tetapi juga di bidang peternakan.

Bimbingan teknis pemberian pakan ternak ayam dari tim Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) BALITBANGTAN Provinsi Bengkulu dan Balai Pembibitan ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Sembawa Palembang. Bekerja sama dengan PKK kabupaten Bengkulu Utara dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Bengkulu Utara.

Kusnadi, S.Pt.,M.Sc mengatkan bahwa teknik pemberian pakan ternak ayam perlu dipahami agar peternak ayam rumahan dapat maksimal sehingga produktif dan menghasilkan untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan menekan kebutuhan konsumtif.

Teknik pemberian pakan ayam dan cara merawat ternak ayam perlu dipahami agar termotivasi dan memperoleh hasil yang maksimal baik peternak telur ayam maupun peternak daging ayam.

“Ada beberapa nutrisi penting harus terkandung dalam pakan ternak ayam,yaitu protein kasar, energi, Calsium, pospor, Vitamin, mineral. pakan ayam dapat diperoleh secara alami, seperti dedak jagung,”Jelasnya.

Kusnadi,S.Pt.,M.Sc menambahkan dalam paparannya bahwa Pakan ternak ayam harus cukup jumlahnya dan cukup kandungan gizinya.Dan suhu kandang ayam tidak terlalu panas tidak terlalu dingin karena jika suhu tidak teratur menyebabkan ayam stres dan mengalami kematian.

“Pakan ternak ayam harus cukup jumlahnya dan cukup kandungan gizinya, temperatur suhu kandang ayam antara 22 C – 29 C. Jika dipelihara secara Intensif maka peternak ayam skala rumahan akan memperoleh keuntungan,dan dapat menjadi cikal bakal usaha Ternak Ayam,”tambahnya.

Hadir dalam acara tersebur Ny.Ayu Untung Pramono Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Utara,Harwi Kusnadi,S.Pt., M.Sc Koordinator tim BPTP Provinsi Bengkulu,Drh.Dwi Kurniawati Dokter Hewan

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan BU,Human Arza,S,Pt,Endro,Amd Tim BPTU-HPT ,Ketua Pokja PKK Bu,Ketua tim PPK Kecamatan dan perwakilan anggota PKK di Bu.(MC Bengkulu Utara/GS/DC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here