Beranda Berita Rakor Serapan Anggaran Tepat Waktu dan Tepat Sasaran

Rakor Serapan Anggaran Tepat Waktu dan Tepat Sasaran

14
0

Arga Makmur – Rapat Koordinasi (Rakor) antar SKPD tentang percepatan serapan anggaran SKPD Pemkab Bengkulu Utara, dilaksanakan di ruang pola Pemkab Bengkulu Utara, Senin (25/9).

Dalam rakor yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. Haryadi tersebut membahas masalah percepatan serapan anggaran di masing-masing SKPD. Ia menjelaskan bahwa seluruh jajaran pemerintah daerah atau SKPD terkait di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara untuk segera menyusun, memperbaiki, dan melengkapi semua persyaratan yang tercantum dalam Surat Pertanggungjawaban atas serapan dana yang telah dikucurkan baik melalui pemerintah pusat, provinsi, maupun pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara sendiri karena ini berpengaruh terhadap pencairan anggaran berikutnya.

“ini sudah masuk minggu terakhir bulan September dan hampir masuk triwulan keempat mendekati akhir tahun, untuk semua SKPD jika ada suatu permasalahan atau suatu hambatan agar dikonsultasikan dengan SKPD terkait. Kemudian dalam proses pencairan dan kelengkapan surat pertanggungjawaban terhadap serapan anggaran dan aset agar segera dilengkapi, diselesaikan, dan penuhi persyaratan yang diminta sesuai aturan yang berlaku. Jika persyaratan pencairan dan surat pertanggungjawaban tidak slesai tepat waktu atau tidak maksimal maka akan berpengaruh terhadap pencairan anggaran pada tahap berikutnya” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkulu Utara, Kisro Zanito juga berharap agar seluruh SKPD segera menyelesaikan semua yang berkaitan dengan pertangungjawaban dan semua administrasi mengenai  aset dan anggaran di lingkungan SKPD masing-masing.

“Saya harap agar seluruh unsur SKPD, para Kabid, para Kasi untuk memeriksa kembali, menyusun, dan memperbaiki jika ada permasalahan dalam proses penyerapan anggaran dan penyusunan surat pertanggungjawaban. Begitupun dengan inventarisasi aset agar didata kembali dengan teliti. Upaya yang harus dilakukan yaitu segera menertibkan administrasi baik teknis maupun non teknis, fisik maupun non fisik untuk segera diselesiakan menyangkut percepatan serapan anggaran” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. Haryadi, S.Pd,MM,M,Si, Asisten 1 Edi Subroto, Asisten II Untung Pramono, Asisten III Ramadanus, Kepala BPKAD Drs. H. Kisro Zanito, MM dan segenap Kepala SKPD di Kabupaten Bengkulu Utara. (MC Bengkulu Utara/GS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here