Beranda Berita Utama Resmi Diluncurkan, Batik Kagano Jadi Salah Satu Batik Khas Kabupaten Bengkulu Utara

Resmi Diluncurkan, Batik Kagano Jadi Salah Satu Batik Khas Kabupaten Bengkulu Utara

21
0

Media Center Pemkab Bengkulu Utara – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Melaunching Batik Khas Bengkulu Utara, Pelaunchingan batik berlangsung di Halaman Kantor Bupati BU, Jumat (27/12/2019).

Pada acara launching, Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian memperkenalkan sejumlah jenis atau motif kain batik. batik-batik tersebut dengan memiliki motif unik yang melambangkan kebesaran budaya di Bengkulu Utara.

Kain batik tersebut memiliki corak tulisan kaganga merupakan kearifan lokal di Kabupaten Bengkulu Utara dengan mengangkat nilai-nilai luhur keluarga besar rejang yang memang posisinya di Kabupaten Bengkulu Utara dengan filosofi tulisan kaganga dalam bahasa aksara rejang. 

Juga dikolaborasikan dengan kearifan lokal alam yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara pulau terluar Enggano terbentuklah Batik Kagano (Kamata Enggano) dengan motif burung peleci menyimbolkan satu-satunya endemik merupakan ciri khas di Enggano begitu juga dengan motif batik ular dari Enggano.

Serta dikolaborasikan pula dengan simbol Kota Arga Makmur diangkat dengan motif  Tugu Amanah dan Motif Batu Permata “Red Rafflesia”.

Bupati Bengkulu Utara menyambut baik peluncuran Batik Kagano. Ini merupakan hasil karya seni yang indah dan salah satu kebanggaan Kabupaten Bengkulu Utara. apresiasi berkat kerja keras Ibu Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkulu Utara Ny.Hj. Eko Kurnia Ningsih Mian.

“Saya apresiasi atas kerja keras bersama Ketua Dekranasda untuk terus berkarya, berinovasi serta meningkatkan karya seni budaya, di Bengkulu Utara tercinta ini,”ucapnya.

Berikutnya, kepada pejabat pemerintah, non pemerintah (swasta) beserta jajarannya dan masyarakat Bengkulu Utara dapat mendukung serta mempromosikannya. Salah satunya, mengenakan batik Kagano khas Bengkulu Utara ini dalam berbagai kesempatan,”imbaunya.

Launching turut dihadiri Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE,M.AP Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Dr.Haryadi, S.Pd, MM, M,Si beserta, Ketua Dekranasda Kabupaten Bengkulu Utara Ny. Eko Kurnia Ningsih Mian,bersama Forkopimda, GOW Bengkulu Utara, Kepala SKPD Bengkulu Utara dan SKPD Bengkulu Utara.

#Media Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here