Beranda Berita Rp 11 M untuk Pariwisata Enggano

Rp 11 M untuk Pariwisata Enggano

24
0

ARGA MAKMUR – Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 mendatang sebesar Rp 11 miliar untuk pengembangan pariwisata di BU dari pemerintah pusat.

Namun Pemkab BU akan fokus mengembang dan meningkatkan pariwisata di Pulau Enggano. Hal itu sebagai wujud mendukung Visit Bengkulu 2020 yang dicanangkan Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) BU, Mustarani Abidin SH Msi mengatakan, fokus pengembangan pariwisata di Pulau Enggano terdiri dari peningkatan infrastruktur, sarana dan prasarana serta peningkatan kelengkapan peralatan selam bawah laut.

‘’Memang untuk wisata difokuskan di Pulau Enggano. Untuk pembelian alat selam, mulai dari masker, snorkel, fins dan boots, rompi apung, pakaian selam, sabuk pemberat, sarung tangan, peralatan scuba serta kelengkapan lainnya,’’ ujarnya.

Ia menyampaikan, untuk peningkatan sarana dan prasarana wisata bawah laut akan diberikan kepada beberapa kelompok, dengan 1 kelompok terdiri dari 10 kegiatan.

Disamping itu, lanjutnya, dukungan perbaikan infrastruktur dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) BU juga sangat diharapkan, guna memperudah akses menuju lokasi wisata tersebut.

‘’Untuk di Enggano kita munculkan adalah sarana dan prasarana alat selam yakni diving, surfing dan snorkeling. Itu kami jukan saat ini untuk beberapa kelompok,’’ ungkapnya.

Selain peningkatan pariwisata di Enggano, terangnya, tempat wisata lain yang akan dikembangkan yakni kawasan wisata di Kemumu, Taman Kota, Alun-Alun Rajo Malim Paduko, Curug 9 serta wisata lainnya.

‘’Target peningkatan pariwisata yaitu daratan dan kepulauan,’’ tuturnya.

Ia mengharapkan dengan peningkatan tersebut, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten BU dapat meningkat sesuai dengan tujuan Provinsi Bengkulu.

‘’Yang penting kita siapkan sarana dan prasarananya dulu, untuk program kunjungan Bengkulu 2020,’’ pungkasnya.(Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here