Beranda Berita Utama Wakil Bupati Bengkulu Utara Shalat Idul Adha di Lapangan Desa Pal 30...

Wakil Bupati Bengkulu Utara Shalat Idul Adha di Lapangan Desa Pal 30 Lais

14
0

Media Center, Kominfo – Rabu pagi (22/8) Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, SE beserta ratusan  masyarakat muslim Kecamatan Lais  melaksanakan Sholat Idul Adha 1439 H di Lapangan Desa Pal 30 Kecamatan Lais Bengkulu Utara.

Ibadah shalat Idul Adha di Lapangan Desa Pal 30 Kecamatan Lais Bengkulu Utara. ini dimulai pada pukul 07.30 WIB.

Wakil Bupati  Arie Septia Adinata, SE turut berada di shaf pertama untuk melaksanakan salat Idul Adha bersama, Sekertaris Daerah Dr.Haryadi, S.Pd,MM,M.Si, Dandim 0423, Ketua Pengadilan Negeri Arga Makmur, Anggota DPRD BU, Kepala Kemenag BU, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, jajaran kepala organisasi perangkat daerah serta pejabat Pemkab Bengkulu Utara lainnya.

Sebelum pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha dimulai, dalam sambutanya Wakil Bupati mengajak seluruh umat muslim yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara untuk memaknai momentum Hari Raya Idul Adha untuk meningkatkan ketaqwaan dan kepedulian terhadap sesama.

Arie Septia Adinta, mengungkapkan, berkurban adalah sebuah cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berkurban setiap mukmin diajarkan untuk berbagi kepada para mukmin lain, terutama bagi mereka yang kurang mampu.

Dalam kesempatan ini juga, wakil Bupati juga mengajak kepada semua elemen masyarakat Bengkulu Utara untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dan meningkatan partisipasi serta menunjukkan jika rasa persatuan, kebersamaan dan kepedulian antar sesama masyarakat Bengkulu Utara semakin tinggi.i.

“Pelaksanaan salat Idul Adha di Kecamatan Lais merupakan bukti bahwa pemerintah daerah bersama unsur FKPD ingin sekali menjalin kedekatan komunikasi dan meningkatkan hubungan silaturahmi dengan masyarakat,”ujar Wabup.

Dikatakan Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Utara, H.Herliansyah, S.Ag sebelum pelaksanaan solat Idul Adha mengatakan hasil rekapitulasi yang dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara, jumlah hewan kurban se-Kabupaten Bengkulu Utara tahun ini berjumlah 1.516 ekor, terdiri dari kerbau 16 ekor, sapi 874 ekor dan kambing 626 ekor.

“Data itu kita himpun dari seluruh masjid yang ada di Bengkulu Utara,” katanya.

Sementara itu, yang bertindak sebagai imam dan khatib shalat Idul Adha di lapangan Desa Pal 30  adalah ketua Ustad Abdurahman, L.C

Dalam khotbah nya Ustad Abdurahman, L.C  menyampaikan hikmah Idul Adha tentang diantara perkara yang paling agung yang ditekankan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallamdalam khutbah beliau ketika Haji Wada, setelah beliau menekankan kembali masalah tauhid dan keikhlasan, adalah perkara penjagaan terhadap hak-hak sesama Muslim dan peringatan keras terhadap pelanggaran hak-hak sesama Muslim. Baik hak-hak yang terkait dengan darah, harta dan kehormatan seorang Muslim.

“Barangsiapa yang merenungi khutbah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dan nasehat-nasehat beliau yang agung ketika haji Wada, ia akan menemukan bahwa beliau sangat menekankan dan betul-betul memperhatikan perihal ini. Maka marilah kita renungkan sejenak khutbah tersebut, dari khutbah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam yang beliau sampaikan di hari Arafah, hari Idul Adha, serta hari-hari Tasyriq,”ujar Ustad Abdurahman.L.C.

Selain itu dikatakan Abdurahman, L.C, dengan adanya kurban ini, umat muslim yang kurang mampu juga dapat ikut merasakan bagaimana indahnya Islam dengan adanya hari raya kurban ini.

Usai melaksanakan shalat Idul adha berjamaah wakil Bupati Bengkulu Utara melakukan penyerahan dua ekor sapi kepada camat Lais, Heri Sulfana. (MC Bengkulu Utara/IA/DC).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here